SEKILAS INFO
: - Friday, 14-12-2018
  • 9 bulan yang lalu / SEMOGA PPDB 2018 SELALU DI BERKAHI DENGAN KESUKSESAN AMIN….
  • 9 bulan yang lalu / Selamat datang pada Website Mahasya22 BATU
BNN-MTs Hasyim Asyari PERANGI NARKOBA
BATU – MTs Hasyim Asyari menerima papan kawasan bebas narkoba dari Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Batu. Pemasangan papan ini dilakukan Senin (11/12) kemarin setelah apel siaga melawan narkoba diikuti 1000 pelajar. Hadir dalam apel siaga dan pemasangan papan kawasan bebas narkoba, AKBP Heru Cahyo Wibowo, Kepala BNN Kota Batu, M Mukhid, Kepala MTs Hasyim Asyari dan Kasi Pencegahan dan Pemberdayaan Masyarakat BNN Kota Batu, Edi HK.
Sebelum pemasangan papan kawasan bebas narkoba tersebut, dilakukan penandatanganan MoU antara BNN Kota Batu dengan Kepala Sekolah dan guru. Penandatanganan MoU ini dilakukan untuk melakukan serangkaian program pencegahan penyalahgunaannarkoba di lingkungan MTs Hasyim Asyari.
“Kegiatan itu tidak hanya semata-mata pasang papan. Sebelumnya sudah dilalui kegiatan sosialisasi anti  narkoba kepada anak-anak,” ujar AKBP Heru Cahyo Wibowo.
Selain itu, dilakukan advokasi kepada guru dan kepala sekolah agar mereka paham regulasi UU Narkoba, seperti Peraturan Presiden hingga Perwali. Diharapkan, terwujud semangat bersama untuk memerangi narkoba antara pihak sekolah dan BNN.
Pembinaan di sekolah, menurut Heru, juga menggunakan muatan kurikulum terintegrasi pada semua mata pelajaran. Dalam setiap mata pelajaran, siswa selalu diingatkan bahaya narkoba. Selain itu, dilakukan juga pengambilan sampling urine untuk siswa dan guru.

“Semestinya harus tes urine mandiri, namun karena kekuatan anggaran sekolah tidak memungkinkan, kita gunakan dipa (daftar isian pelaksanaan anggaran) BNN, tapi tidak menyeluruh,” papar Heru.

Selain syarat tersebut, sebelum pemasangan papan kawasan bebas narkoba tersebut, dilakukan penandatangani MoU Kerjasama antara BNN dengan MTs. Salah satu kesepakatan yang dibuat adalah dilakukan penyuluhan secara berkala di sekolah ini dan harus membentuk Satgas anti narkoba. Penyuluhan dilakukan agar satgas memahami bidang-bidang, pemberantasan, advokasi untuk guru dan murid, serta tindakan pencegahan.
“Guru-guru tidak lepas dari proses advokasi dan pembinaan hukum, kita berikan juga visi misi BNN, tradisi BNN yang melibatkan segenap masyarakat,” ujar Heru.
Menurutnya, mulai 2016 hingga saat ini terdapat lebih 50 SD, SMP dan SMA sudah mendapatkan papan kawasan bebas narkoba ini. Papan kawasan bebas narkoba ini merupakan bentuk penghargaan yang diberikan oleh BNN sebagai apresiasi kesiapan sekolah dalam menciptakan bebas narkoba. Pemasangan papan ini dipandang efektif, karena setiap siswa yang keluar dan masuk lokasi selalu melihat papan ini.
“Tidak hanya sebatas bentuk komitmen, lewat papan ini mengingatkan siapa saja akan komitmen memerangi narkoba,” ujar Heru.
Terkait dengan pelaksanaan kurikulum terintegrasi yang dilaksanakan di Kota Batu, Heru mengatakan tahun depan akan membentuk tim untuk memonitor perkembangan pelaksanaan kurikulum ini.
Sementara itu M Muhid bersyukur sekolahnya bisa mendapatkan papan kawasan bebas narkoba. Ia berharap papan ini menjadi semangat para guru para siswa untuk selalu menjauhi narkoba.
“Kami berdayakan seluruh elemen sekolah untuk mencegah peredaran dan penyalahgunaan narkoba,” paparnya. (dan/feb)

TINGGALKAN KOMENTAR

Lokasi Madrasah

Video Terbaru

Archives

Channel Youtube

Video_UpToDate